20.39 | Posted in

Larutan standart adalah larutan yang disiapkan dengan cara menimbang secara akurat suatu zat yang memiliki kemurnian tinggi dan melarutkannya dengan sejumlah tertentu pelarut dalam labu ukur. Larutan standart yang dipersiapkan dengan cara seperti ini disebut sebagai larutan standart primer.


Bagimana bila kita menyiapkan larutan standart dari zat yang tidak bisa dipastikan kemurniannya? Contoh disini adalah NaOH, NaOH tidak bisa dipakai sebagai larutan standart primer disebabkan sifatnya yang higroskopis. Jadi NaOH menyerap uap air dari lingkungan disekitarnya. Jadi NaOH terkontaminasi dengan H2O sehingga apabila kita menimbang 1 gram NaOH dipastikan NaOH yang ada kurang dari 1 gram akibat adanya H2O yang sudah diserapnya.
Lalu bagaimana bila kita menginginkan larutan standart NaOH? Alternative lain adalah dengan membuat larutan NaOH dengan konsentrasi tertentu dan kemudian kita menitrasinya dengan larutan standart primer asam , contohnya adalah dengan memakai larutan KHP (potassium acid phthalate).
Jadi larutan standart yang disiapkan dengan cara demikian disebut sebagai larutan standart sekunder.
Syarat zat yang bisa dijadikan standart primer
  • Harus 100% murni
  • Zat tersebut harus stabil baik pada suhu kamar ataupun pada waktu dilakukan pemanasan, standart primer biasanya dileringkan terlebih dahulu sebelum ditimbang.
  • Mudah diperoleh
  • Biasanya zat standart primer memiliki Masa molar (MR) yang besar hal ini untuk memperkecil kesalahan relative atau eror pada waktu proses penimbangan. Menimbang zat dalam jumlah besar memiliki kesalahan relative yang lebih kecil dibanding dengan menimbang zat dalam jumlah yang kecil.
  • Zat tersebut juga harus memenuhi persyaratan teknik titrasi


Comments

0 responses to "Larutan Standart Titrasi"

Shout Box


ShoutMix chat widget